Panwaslu Kabupaten/Kota Akan Segera Bentuk Panwascam

created at : 03-Apr-2013 | author : admin

""

Yogyakarta, Dalam rangka peningkatan efektivitas pengawasan pemilu, khususnya di level lapangan, Panwaslu Kabupaten/Kota se-DIY akan segera membentuk Panwascam. Pembentukan Panwascam tersebut didasarkan pada SE Bawaslu RI No 168/Bawaslu/III/2013 yang ditujukan pada Bawaslu Provinsi se-Indonesia, yang isinya tentang perintah pada Bawaslu Provinsi agar menginstruksikan pada Panwaslu Kabupaten/Kota untuk segera melakukan pembentukan Panwascam. Ketentuan pembentukan Panwascam tersebut harus mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, khususnya UU No. 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu dan Peraturan Bawaslu No. 10 Tahun 2012. 
Sebagai bentuk tindak lanjut atas surat edaran tersebut, pada hari Selasa 2 April 2013 bertempat di Kantor Bawaslu DIY, Bawaslu DIY berkoordinasi dengan Panwaslu Kabupaten/Kota se-DIY untuk mensosialisasikan surat edaran tentang pembentukan Panwascam tersebut. Dalam pertemuan tersebut diidentifikasi beberapa persoalan terkait pembentukan Panwascam. Hasil rapat menyimpulkan tentang adanya kebutuhan untuk adanya pertemuan lanjutan yang diikuti oleh Bawaslu DIY dan Panwaslu Kabupaten/Kota se-DIY, khususnya dari divisi Organisasi dan SDM. Dalam pertemuan lanjutan yang akan diselenggarakan pada hari Jum’at 12 April 2013 tersebut akan dibahas tentang jadwal dan program pembentukan Panwascam serta standar persyaratan dan form yang harus disediakan untuk pendaftaran calon Panwascam.
Dengan melihat jadwal dan tahapan pelaksanaan Pemilu, diharapkan Panwascam di seluruh DIY sudah terbentuk paling lambat minggu kedua bulan Juli, sehingga Panwascam yang akan terbentuk tersebut bisa segera bekerja untuk mengawasi pemutakhiran data pemilihan umum serta pengawasan pelaksanaan kampanye. Ketua Bawaslu DIY, Mohammad Najib berharap agar banyak warga masyarakat yang bersedia mendaftarkan diri sebagai calon Anggota Panwascam, agar Panwaslu  Kabupaten/Kota bisa memilih calon terbaik. Karena semakin banyak dan baik kualifikasi calon yang mendaftar, akan dihasilkan Panwascam yang ideal.(*)

.