PANWASLU GUNUNGKIDUL KLARIFIKASI LAPORAN DUGAAN PEMBOCORAN SOAL REKRUITMEN CALON STAF PEMERINTAH DESA

created at : 18-Apr-2013 | author : admin

""

Atas laporan masyarakat terhadap dugaan adanya pembocoran soal  yang dilakukan Ketua PPK Gunungkidul terhadap salah satu calon staf pemerintah desa Ngleri Playen. Trigarto selaku terlapor mengaku tidak pernah memberikan soal tersebut kepada Atung, calon staf yang tidak lolos. Pengakuan tersebut disampaikan dalam klarifikasi atas laporan dugaan pembocoran soal rekruitmen calon staf pemerintah Desa Ngleri Kecamatan Playen.


Ketua Panwaslu Gunungkidul, Ir. Buchori Ichsan mengatakan bahwa klarifikasi dilakukan untuk menindaklanjuti laporan dari masyarakat kepada Panwaslu Gunungkidul, terkait pencitraan lembaga penyelenggara pemilu, maka diperlukan adanya klarifikasi untuk mengetahui duduk permasalahannya.


Klarifikasi berlangsung pada Rabu (17/4) pukul 14.10- 16.00 di Kantor Panwaslu Gunungkidul jalan Taman Bakti Gg. Apel no. 10  Jeruk Kepek Wonosari. Hadir dalam acar klarifikasi Komisioner Bawaslu DIY Sri Rahayu Werdiningsih, SH beserta staf dan seluruh Anggota Panwaslu Gunungkidul.


Dari hasil klarifikasi terhadap pelapor, terlapor dan saksi-saksi, selanjutnya Panwaslu Gunungkidul akan membuat kesimpulan apakah perbuatan yang dilaporkan ke Panwaslu tersebut merupakan pelanggaran pemilu atau bukan pelanggaran, jika merupakan merupakan pelanggaran diidentifikasi lebih lanjut apakah merupakan pelanggaran pidana Pemilu, administrasi, kode etik atau masuk sengketa Pemilu. Apabila merupakan pelanggaran pidana Pemilu, diteruskan ke Kepolisian untuk ditindak lanjuti, jika pelanggaran administrasi akan direkomendasikan ke KPU Kabupaten Gunungkidul untuk ditindaklanjuti, untuk pelanggaran kode etik Panwaslu akan meneruskan ke DKPP dan jika masuk sengketa Pemilu akan diselesaikan oleh Panwaslu. (HA)

.