A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: head_content

Filename: front/head.php

Line Number: 11

">

PANDUAN PENGGUNAAN APLIKASI GOWASLU




"SISTEM PENGAWASAN PILKADA 2017 BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI"




Sesuai dengan jadwal dan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Bantul, maka pengawasan pemilihan sudah harus semakin intensif dilaksanakan. Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati adalah instrument penting dari pengembangan demokrasi lokal. Sebagai instrumen demokrasi, keberhasilan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati sangat tergantung pada hadirnya partisipasi dari segenap stakeholder penting dalam pelaksanaan Pemilihan tersebut. Salah satu aspek terpenting atas partisipasi publik terhadap keberhasilan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati adalah ketersediaan publik untuk terlibat dalam mengawasi dan mengawal pelaksanaan seluruh tahapan Pemilihan. Hal itu karena keterlibatan publik dalam pengawasan pemilihan akan mendukung terwujudnya integritas pelaksanaan proses dan hasil Pemilihan.
Dengan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang memiliki integritas tinggi, maka akan membuat hasil Pemilihan dengan mudah diterima oleh publik, sehingga Bupati dan Wakil Bupati yang terpilih akan memiliki legitimasi tinggi, sehingga pemerintahan yang terbentuk dapat berjalan secara efektif. Idealnya dengan pengawasan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati secara terstruktur, massif dan sistematis dari segenap elemen lembaga pengawas pemilihan akan menutup peluang terjadinya pelanggaran dan manipulasi dalam proses pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dan sekaligus akan mendukung terlaksananya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang Luber dan Jurdil. Namun realitas obyektif akan keterbatasan personal dan daya dukung lembaga formal pengawas pemilihan menuntut hadirnya pengawasan partisipatif dari segenap mitra strategis pengawas pemilihan. Komponen masyarakat sipil dari kalangan Perguruan Tinggi (PT), sekolah (SLTA) dan Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) merupakan elemen strategis yang sangat diharapkan memberikan dukungan terhadap hadirnya pengawasan partisipatif dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.
Untuk mendorong hadirnya pengawasan partisipatif oleh segenap elemen masyarakat sipil dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati di Bantul, Gunungkidul dan Sleman, Bawaslu DIY mendorong bergabungnya elemen masyarakat sipil khususnya di ketiga kabupaten tersebut untuk bergabung dalam relawan pengawas pemilihan. Program ini dimaksudkan sebagai upaya untuk merekrut para relawan pengawas pemilihan, yang kemudian dapat dikonsolidasi dan koordinir dalam menjalankan fungsi pengawasan pemilihan secara partisipatif di ketiga kabupaten tersebut. Para relawan pengawas pemilu ini diharapkan akan diisi oleh para mahasiswa, para guru PPKN tingkat SLTA dan aktivis Organisasi Masyarakat Sipil (OMS).
Sehubungan dengan hal itu, Bawaslu DIY menyediakan formulir pendaftaran Relawan Pengawas Pilkada secara online, dengan harapan bisa mempermudah bagi calon relawan yang ingin mendaftar. Formulir pendaftaran bisa didownload melalui link di bawah ini. Formulir yang sudah terisi bisa dikirimkan via email : relawandiy@gmail.com


Download formulir relawan pengawas pilkada
Download form rekap jumlah pengawas